Traveling Naik Kereta Api? Pilih Kelasnya Sesuai Jarak Tempuh dan Budget

Traveling naik kereta api sudah pasti mengasikan. Jika kamu punya rencana traveling naik kereta saat mengisi libur akhir tahun ini, ada baiknya rencanakan juga kelas kereta api yang akan menemani perjalananmu ke kota tujuan liburanmu nanti.

Dikutip dari situs resmi PT Kereta Api Indonesia (KAI), bahwa kereta api yang melayani perjalanan jarak jauh di Indonesia mempunyai kelas penumpang berbeda di setiap rangkaiannya. Tentu harga tiketnya juga berbeda, sesuai fasilitas yang ditawarkan dalam setiap kelasnya.

Nah, jika punya rencana traveling naik kereta api, kamu bisa sesuaikan kelasnya dengan jarak tempuh ke kota tujuan liburanmu.

Karena, ada empat kelas KA yang masing-masing memiliki fasilitas berbeda, termasuk kapasitas penumpang. Empat kelas itu meliputi kelas eksekutif, bisnis, ekonomi, dan kelas premium.

Tersedia Empat Kelas Kereta Api

Kelas Eksekutif

Kerata api kelas eksekutif menjadi kelas penumpang tertinggi sehingga harga tiketnya pun tentunya lebih mahal.

Fasilitas yang ada di dalam kelas eksekutif meliputi AC, televisi, meja makan, rak bagasi, rotary seat, reclining seat, toilet, dan stop kontak.

Kapasitas penumpangnya bisa mencapai 50 orang. Dengan menggunakan kelas eksekutif, traveling naik kereta api pun akan terasa lebih nyaman.

Kelas Bisnis

Kelas bisnis merupakan kelas kedua dalam kereta api. Kalau kamu traveling naik kereta api kelas bisnis, kamu akan mendapatkan fasilitas yang tak jauh berbeda dengan KA kelas eksekutif.

Di dalam kelas bisnis ini tersedia fasilitas AC, televisi, rotary seat, rak bagasi, toilet, dan juga stop kontak. Kapasitas penumpangnya mencapai 64 orang.

Kelas Ekonomi

Kelas ekonomi merupakan kelas ketiga yang memiliki kapasitas penumpang paling banyak, yakni 80 hingga 106 orang.

Namun, kelas ekonomi sekarang sudah jauh lebih baik dibandingkan beberapa tahun kebelakang. Jadi, meski traveling naik kereta api kelas ekonomi, kamu sudah bisa mendapatkan fasilitas AC, televisi, dan juga stop kontak.

Selain itu, di dalam KA kelas ekonomi ini juga tersedia rak bagasi untuk menyimpang barang-barang, serta toilet yang jauh lebih nyaman dari kelas ekonomi sebelumnya.

Untuk tempat duduknya, kelas ini berbeda dari kelas-kelas sebelumnya yang saling berhadapan sesama penumpang.

Kelas Premium

Kelas premium dalam kereta api merupakan kelas terbaru yang menawarkan fasilitas AC, televisi, layar hiburan sentuh, reclining seat, stop kontak, serta toilet.

KA kelas premium ini memiliki kapasitas kursi untuk 64 penumpang, dan tempat duduknya pun tidak saling berhadapan. Sehingga, sangat tepat jika traveling naik kereta api menggunakan kelas premium.

Perbedaan Sub Kelas KA

Selain terbagi empat kelas, terdapat pula sub-sub kelas dalam rangkaian KA jarak jauh. Sub kelas biasanya identik dengan huruf-huruf. Seperti sub-sub kelas yang ada pada kelas ekonomi, yakni sub kelas C, P, Q, S, Z.

Kemudian, sub kelas yang terdapat di KA kelas eksekutif biasanya dimulai dari huruf A, H, I, J, X. Sedangkan, untuk kelas bisnis ada B, K, N, O, Y.

Meskipun ada pembedaan pada huruf, namun fasilitas yang tersedia untuk penumpang yang naik kereta api di sub kelas mana pun sama sekali tidak ada perbedaan.

Pembedaan pada sub kelas melalui huruf-huruf tersebut hanya membedakan harga untuk menentukan tempat duduk di dalam kereta api.

Jadi kalau mau traveling naik kereta api, kamu juga bisa memilih sub kelas mana yang akan kamu ambil.

Misal, huruf J berada di dekat toilet sehingga harganya lebih murah, sementara harga yang paling mahal adalah huruf A, dan harga tiket kereta api paling murah biasanya pada huruf P dan Z.

Pembagian sub-sub kelas tersebut sengaja dilakukan oleh internal PT KAI supaya penumpang bisa lebih fleksibel dalam memilih tempat duduk. Termasuk saat memiih traveling dengan menggunakan KA.

Letak Gerbong Menentukan Harga Tiket

Letak gerbong pada rangkaian KA menentukan harga tiket. Gerbong kereta api di tengah biasanya lebih mahal.

Jika sub kelas lebih dekat dengan kereta makan atau restorasi, maka harga tiketnya juga menjadi lebih mahal.

Posisi Tempat Duduk Menentukan Harga

Posisi tempat duduk juga menentukan harga tiket KA. Jika kamu traveling naik kereta api dengan mengambil posisi tempat duduknya dekat pintu, maka harga tiketnya lebih murah.

Namun, tidak ada acuan nominal harga yang pasti, karena sub-sub kelas kelas api tersebut bisa saja tidak diberlakukan pada tanggal-tanggal tertentu. Jadi, semua harga tiketnya sama.

Sebagai informasi bahwa sub kelas dalam kereta api hanyalah pembagian kecil dari kelas atau area zona tempat duduk yang disediakan bagi para penumpang.


Tinggalkan Balasan