Apa yang Terjadi saat Anda Tidak Melakukan Service AC Mobil Secara Rutin?

Perawatan secara rutin di tempat service AC mobil akan membuat kondisi AC mobil Anda terawat dengan baik sehingga dapat mencegah terjadinya kerusakan dan pengeluaran biaya yang berlebihan.  Selain itu, dengan merawat AC agar tetap prima membuat sirkulasi udara di dalam mobil lebih sehat dan temperature di dalam mobil lebih terjaga.

Perawatan AC mobil perlu dilakukan secara teratur. Lalu apa jadinya jika AC mobil Anda tidak Anda service secara rutin? Berikut ini kami jabarkan beberapa akibat yang akan ditimbulkan.

service ac mobil

1. Peningkatan Biaya Bensin

Kondisi AC mobil yang baik adalah ketika semua komponen di dalamnya ikut bekerjasama dan berfungsi secara efisien dan optimal. Akan tetapi, jika Anda membiarkan AC mobil Anda tidak diservis secara rutin ataupun terjadi kerusakan, maka cepat atau lambat akan mengakibatkan kompresor akan bekerja lebih berat karena tidak dilumasi dengan benar. Hal ini berakibat pada konsumsi bensin yang lebih banyak dibandingkan ketika Anda menservis dan maintenance AC mobil.

2. Biaya Perbaikan yang Mahal

Dengan melakukan perawatan secara teratur maka Anda sudah membantu AC Anda agar bekerja secara optimal dan sebuah tindakan preventif terjadinya kerusakan komponen pada sistem AC. Ketika Anda melakukan perbaikan umumnya biaya yang dikeluarkan akan sangat mahal jika dibandingkan dengan Anda melakukan perawatan rutin.

Satu contoh perbaikan AC yang mengeluarkan biaya besar yaitu perbaikan kompresor yang rusak. Kerusakan kompresor dapat terjadi karena keausan pada sistem AC yang disebabkan kurangnya pelumas. Permasalahan kurangnya pelumas sebenarnya dapat Anda cegah ketika Anda melakukan perawatan AC secara rutin sehingga Anda tidak perlu mengeluarkan biaya yang lebih.

3. Kualitas Udara Buruk

Perawatan AC mobil perlu dilakukan setahun sekali. Sekitar 300m2 udara mengalir melalui penyaring AC setiap jamnya. Filter atau penyaring ini bertujuan untuk menangkap debu, serbuk sari, mikroorganisme, dan kotoran. Setelah 1 tahun, kapasistas penyerapan dari filter ini penuh. Ketika penuh solusinya Anda harus menggantinya. Adanya debu, mikroorganisme maupun kotoran yang telah dibersihkan menjadikan AC Anda segar kembali dan memiliki sirkulasi dengan kualitas udara yang baik.

4. AC Kurang Dingin

Seluruh sistem yang bekerja pada AC akan maksimal jika semua komponen yang menyusunnya bekerja secara optimal. Salah satu fungsi dari AC yaitu mendinginkan sisi bagian dalam kendaraan Anda ke suhu yang sesuai. Jika sistem kerja AC tidak bekerjasama dengan baik maka akan mengakibatkan temperature AC tidak terjaga dengan baik. Jika hal ini dibiarkan, maka Anda akan terjemak kemacetan dengan kondisi panas. Bukankah itu sangat menyiksa?

Dari pembahasan kita di atas maka dapat disimpulkan bahwa dengan membawa mobil Anda ke tempat service AC mobil secara rutin maka Anda tidak perlu mengalami kejadian kerusakan komponen AC yang menguras kantong. Semoga pembahasan kali ini dapat bermanfaat Anda.